Pengembangan Program Center of Excellence (CoE) Bidang Hospitality SMKN 3 Bandung

October 13, 2020

SMKN 3 Bandung Sebagai SMK CoE Sektor Hospitality 

Pada tahun 2020 ini SMK Negeri 3 Bandung dipercaya untuk menjalankan amanah sebagai salah satu sekolah yang mendapatkan bantuan pengembangan SMK Center of Excellence (CoE) sektor hospitality. Bentuk dari bantuan ini adalah berupa fasilitasi sekolah untuk melakukan penguatan pembelajaran dengan melakukan koordinasi bersama IDUKA sektor Hospitality dalam rangka melakukan analisis benchmarking kebutuhan peralatan dan/ atau sarana prasarana sesuai dengan kompetensi keahlian yang ditetapkan; Penataan/ Desain Ulang/ Renovasi/ Revitalisasi/ Pembangunan Ruang Praktik Siswa beserta perabotnya, serta; Penguatan proses pembelajaran berbasis sektor Hospitality termasuk penyusunan rancangan kurikulum SMK berbasis proyek (Project Based Learning) atau Pembelajaran Berbasis Industri (melalui Praktek Kerja Industri).

Sesungguhnya Kepercayaan yang diberikan oleh Direktorat SMK ini merupakan sebuah tanggung jawab besar yang harus dipikul oleh SMKN 3 Bandung karena Impact yang dihasilkan dari Pusat Keunggulan SMK adalah SMKN 3 Bandung harus mampu menunjukkan peningkatan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan IDUKA, serta menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Namun besarnya kepercayaan yang diberikan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Tim Manajemen SMKN 3 Bandung untuk merealisasikan tujuan dari diadakannya program ini.

Strategi Direktorat SMK Melakukan Pengembangan Kualitas SMK Melalui Program Pusat Keunggulan (Center of Excellence)

Program pengembangan SMK yang menjadi Pusat Keunggulan (Centre of Excellence) dilakukan secara holistik dengan cakupan sebagai berikut:

a. Keterlibatan IDUKA yang menyeluruh dalam pengembangan SMK;
b. Guru berkapasitas dan bersertifikasi yang diakui IDUKA sektor Hospitality;
c. Kepala SMK yang inovatif dan mampu mengembangkan SMK menjadi Pusat Keunggulan yang diakui IDUKA sektor Hospitality;
d. SMK memiliki sarana dan prasarana yang yang berstandar IDUKA sektor Hospitality;
e. SMK memiliki rekam jejak tingkat penyerapan lulusan di IDUKA yang baik sektor Hospitality;
f. SMK menjadi rujukan (antara lain metode pembelajaran peserta didik, pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan, spesifikasi sarana dan prasarana, dll) bagi SMK lainnya;
g. SMK menjadi pusat pengembangan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan bagi SMK lainnya.

Dengan adanya program ini maka SMK yang menjadi pusat keunggulan/Centre of Excellence (SMK CoE) pada sektor Hospitality diharapkan agar :
1. Meningkatkan Kualitas Fasilitas Pendidikan Kejuruan sesuai dengan standar Kompetensi Keahlian dan Standar IDUKA sektor Hospitality, sehingga menjadi pusat keunggulan yang lebih berkualitas dan berdaya saing;
2. Memenuhi standar aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan dari prasyarat teknis fasilitas Pendidikan Kejuruan, oleh pengguna dan pengelola SMK sesuai dengan kebutuhan IDUKA sektor Hospitality;
3. Membangun citra baru SMK dengan menciptakan proses pembelajaran praktik kejuruan yang berkualitas sehingga dapat menjadi sekolah penggerak bagi pengembangan SMK lainnya sesuai dengan kebutuhan IDUKA sektor Hospitality

Dari sisi pembelajaran, program ini berfokus pada penguatan proses pembelajaran di SMK yang berbasis industri dengan rancangan kurikulum yang dikembangkan bersama IDUKA sektor Hospitality yang dapat berbentuk Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) atau Pembelajaran Berbasis Industri (melalui Praktek Kerja Industri), dan/atau meliputi: a) Peningkatan persentase guru yang bersertifikasi yang diakui IDUKA sektor Hospitality; b) Pelatihan Guru dan Kepala SMK; c.0Praktek kerja lapangan yang dikembangkan bersama IDUKA; d) Guru/Instruktur dari IDUKA sektor Hospitality; e) Sarana prasarana yang sesuai kebutuhan IDUKA sektor Hospitality; dan f) Peningkatan persentase lulusan yang terserap IDUKA maupun sebagai wirausaha setiap tahunnya. Secara umum tujuannya adalah meningkatkan kualitas dan kinerja SMK untuk menjadi pusat keunggulan sesuai dengan kebutuhan IDUKA sektor Hospitality.

Rangkaian Kegiatan Program Center of Excellence Yang Telah dan Sedang Berlangsung di SMKN 3 Bandung Saat ini

Sampai dengan dipublikasikannya artikel ini, beberapa rangkaian kegiatan program CoE ini khususnya dalam bidang penguatan proses pembelajaran, telah dan sedang berlangsung di SMKN 3 Bandung. Rangkaian kegiatan penguatan pembelajaran dalam program CoE di SMKN 3 Bandung ini telah dilakukan pada hari Senin, tanggal 12 Oktober 2020 yang secara resmi dibuka oleh Kepala Seksi Pengawasan Kacadisdikwil VII, Nanang Wardhana, SE, MM. di Aula Grha Sarana Vidya SMKN 3 Bandung.

Kegiatan Pembukaan ini dihadiri pula oleh narasumber pendamping nasional Ibu Iis Nurhayani, S.Pd, M.M.Pd sebagai perwakilan dari Direktorat SMK, serta Drs Nanang Yusuf Nurdin, M.Si Selaku Pengawas Pembina SMKN 3 Bandung, dan juga Wakil dari Industri Mitra Yaitu dari PT LEN Industri, PT Laskar Teknologi Mulia (Cyberlabs) dan PT Mumtaaz Cahaya Abadi dan pastinya juga dihadiri komponen PTK dari SMKN 3 Bandung. Untuk Hari Selasa Pihak Industri yang Juga Hadir adalah PT Inti, PT Lucas Jaya, dan Juga PT Alfamart sehingga menambah komponen IDUKA yang sudah ada di hari sebelumnya.
Rangkaian Kegiatan Tahap pertama ini secara marathon masih akan berlanjut sampai dengan hari Rabu besok dengan kegiatan berupa sosialisasi dan workshop yang topik bahasannya adalah tentang :
a. Dokumen kurikulum yang di kembangkan bersama dengan IDUKA,
b. Program pelatihan guru dan kepala sekolah yang dikembangkan bersama dengan IDUKA;
c.  Program praktik kerja lapangan bersama dengan IDUKA;
d.  Program belajar dengan Guru/Instruktur dari IDUKA;
e. Program penyaluran lulusan di IDUKA, dan
f.  Rencana pengembangan dan keberlanjutan Pusat Keunggulan (Center of Excellence), termasuk pengembangan pelatih Pusat Keunggulan (Center of Excellence) di SMKN 3 Bandung.
Setelah rangkaian kegiatan tahap pertama ini selesai, program ini masih berlanjut dengan rangkaian kegiatan lainnya yang segera akan dijalankan selama bulan oktober s.d desember 2020 ini.

 

One thought on “Pengembangan Program Center of Excellence (CoE) Bidang Hospitality SMKN 3 Bandung

  1. Bibit sekolah unggul sudah dimiliki sekolah ini. Dengan PTK, pengelolaan, dan komponen input, process, yang unggul akan memunculkan output, outcome, dan impact yang unggul pula. Selamat berikhtiar menuju excellent, SMK 3 Bandung. Tabarakallah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat