Uji Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata

April 26, 2021

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sebagai bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. Kendati masih dalam kondisi Pandemi, SMK Negeri 3 Bandung tetap melaksanakan UKK melalui mekanisme protokol kesehatan yang ketat.

Adapun penyelenggaraan UKK pada tahun ini mengusung konsep sertifikasi berbasis industri dan nasional. Khususnya Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW)  peserta didik kelas 12 melaksanakan pengujian berbasis industri dengan menggandeng DUDIKA yaitu Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPD Prov. Jawa Barat  dan untuk sertifikasi nasional pengujian dilakukan oleh LSP P1 SMK Neger 3 Bandung.

Peserta didik yang mengikuti UKK sebanyak 99 orang yang dilaksanakan selama 6 hari yang dimulai tanggal 5 April 2021 bertempat di Ruang Praktik Pembelajaran Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Aula, dan City Tour serta Ruang Teori Pembelajaran. Pelaksanaan UKK ini diharapkan agar  peserta didik tetap memperoleh pengakuan dari DUDIKA terhadap kompetensi yang dimiliki selama melaksanakan proses belajar di SMK Negeri 3 Bandung sehingga memperoleh nilai tersendiri  terhadap penyerapan lulusan oleh DUDIKA

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat