PROGRAM SMK SAHABAT UMKM

April 14, 2021

Program SMK Sahabat UMKM  sebagai hasil kerjasama kolaborasi SMK Negeri 3 Bandung dan KADIN Kota Bandung merupakan program rintisan yang digulirkan dalam agenda rapat kerja di awal tahun anggaran. Pada awalnya program ini merupakan program kerja dari  Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran yang merupakan titik fokus dalam pengembangan SMK Negeri 3 sebagai Center of Excellence (CoE) dan dalam praktiknya Program ini digulirkan untuk seluruh kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Bandung meliputi Multimedia, Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran, Akuntansi & Keuangan Lembaga, Bisnis Daring & Pemasaran, Ritel, Usaha Perjalanan Wisata, dan Manajemen Logistik. Kolaborasi dari kompetensi keahlian yang ada merupakan kekuatan yang dapat dikatakan sebagai paket yang komplit dalam penyediaan layanan jasa khususnya dalam pengembangan usaha kemitraan dengan UMKM Kota Bandung. Sehingga pada tanggal 11 Februari 2021 SMK Negeri 3 Bandung resmi menjalin kemitraan dengan Kadin Kota Bandung dengan penandatanganan Naskah Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Berbasis Project Work dan Pembelajaran Berbasis Project Based Learning yang dilaksnakan di Graha Kadin Kota Bandung, Jl. Talaga Bodas No. 31, Malabar Kec. Lengkong Kota Bandung, Jawa Barat 40262.

Kerjasama ini menitik beratkan kepada bagaimana Upaya SMK Negeri 3 Bandung dapat melaksanakan program sekaligus bersinergi dengan lembaga lain dan salah satunya adalah program pengembangan UMKM Kota Bandung yang diusung oleh Kadin Kota Bandung.

SMK sebagai jenjang pendidikan menengah dalam wujud vokasi tentunya tidak terlepas dari Sistem Pendidikan Ganda, dimana peserta didik diharapkan memiliki pengalaman kerja secara nyata di Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA). Dengan kompetensi keahlian yang dimiliki maka SMK Negeri 3 Bandung menawarkan peluang kerjasama untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan UMKM khususnya di kota Bandung melalui praktik kerja lapangan (PKL) yang dikemas melalui paket penawaran layanan jasa “komplit”

Permendikbud No. 50 tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai salah satu dasar hukum dari kerjasama ini. Di  masa Pandemi Covid 19 pelaksanaan PKL lebih diarahkan kepada pelaksanaan timwork melalui PKL berbasis Project Work sekaligus peningkatan jiwa kewirausahaan dari peserta didik yang harapannya setelah selesai pelaksanaan PKL di tahap pertama ini dapat dilanjutkan melalui pengembangan inkubator bisnis yang telah dirancang pada tahun sebelumnya melalui pembelajaran praktik dari mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK).

Peluang kerjasama UMKM lebih besar memunculkan potensi peserta didik dalam mendalami sekaligus mempraktikan secara langsung kompetensi dasar pengetahuan yang telah dipelajari di sekolah dikarenakan proses industri yang sebenarnya mulai dari produksi, publikasi, pemasaran, dan pengadministrasian lebih banyak dikelola secara mandiri dengan atau tanpa bantuan karyawan.

Dalam pelaksanaannya UMKM memberikan project pekerjaan kepada peserta didik untuk dikerjakan sesuai dengan timeline yang diberikan dari pihak sekolah ataupun dari UMKM dan pengerjaan tidak harus di tempat UMKM melainkan di rumah ataupun di sekolah atas izin dari pembimbing sekolah dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan yang ketat.

Adapun bentuk kerjasama lain yang ditawarkan selain project work adalah Project Based Learning yang dalam rintisan kali ini lebih dikhususkan kepada peserta didik kompetensi keahlian Ritel. Dengan variasi produk yang dimiliki oleh UMKM Mitra Kota Bandung memberikan peluang kerjasama dengan beberapa model/bentuk penjualan baik penjualan secara langsung, dropshipper, maupun penjualan secara makloon yang akan dirilis pada minggu ke-3 bulan April.

Tentunya Program SMK Sahabat UMKM  ini diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi pengembangan perekonomian melalui peningkatan kinerja dari UMKM dan juga peningkatan kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik SMK Negeri 3 Bandung dalam upaya mencetak sumber daya manusia yang Unggul dan Kompetitif.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat