PPDB 2017

Share

PPDB 2017

Beriku ini informasi tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2017 di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun 2017.

KEPUTUSAN GUBERNUR JAWA BARAT-JUKNIS PPDB 2017 (1)

pedoman ppdb smk 2017 23 mei 1

CPDBSMK-DDMM2017-nama_smkn-no_urut_dok-nama_kabkota

Halaman Resmi PPDB SMK Provinsi Jawa Barat http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id

FAQ PPDB SMK 2017

AFIRMASI  JALUR NON AKADEMIK
1 Apa yang dimaksud Afirmasi pada jalur non akademik
  Lihat 2.1.1 hal 26

Afirmasi (keberpihakan) untuk warga yang tidak mampu secara ekonomi, penyandang disabilitas, warga sekitar sekolah yang memiliki nota kesepahaman (MoU) atau dilindungi oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.

2 Siapa saja yang dapat mendaftar pada jalur non akademik afirmasi
  Pendaftar dikhususkan untuk masyarakat/warga sekitar sekolah sehingga jika ada pendaftar yang datang ke sekolah sementara di dekat rumah pendaftar ada sekolah yang lebih dekat, disarankan untu memberikan edukasi dalam meilih sekolah yang dekat dengan tempat tinggal pendaftar.
3 Berapa kuota nya
  Untuk Afirmasi kuota 20%  ( lihat 3.4 ) namun dapat lebih sesuai dengan kondisi di sekolah dan dari 20% tersebut maksimal 10% untuk yang memiliki kekhususan ( lihat 3.6 )
4 Jadi Kuota 20% itu apa saja
  20% itu meliputi warga tidak mampu , penyandang disabilitas, warga sekitar sekolah yang memiliki nota kesepahaman atau ketentuan perundang-undangan
5 Kuota Afirmasi bolehkah lebih 20% dan bagaimana mekanismenya
  Boleh lihat 3.4 dengan mekanisme diusulkan sekolah dan ditetapkan oleh kepala BP3 masing2 wilayah
6 Mengapa tidak diberikan kuota khusus seperti di SMA, 10% utk masyarakat yang mempunyai nota kesepahaman dengan pihak sekolah
  Tidak. Karena masyarakat yang mempunyai nota kesepahaman dengan fihak sekolah tidak selalu ada di sekolah dan lebih bersifat opsional. Jika di beri ruang khusus seolah semua sekolah wajib ada 10% untuk itu. Dan sekolah sudah dilonggarkan untuk memberikan tambahan kuota sesuai kebutuhan di sekolahnya.
7 Yang dimaksud dengan warga sekitar sekolah yang memiliki nota kesepahaman atau ketentuan perundang-undangan itu apa
  Yang dimaksud adalah keberadaan sekolah di lingkungan tersebut karena kebutuhan masyarakat di sekitar sekolah dan dibuktikan dengan nota kesepahaman.
8 Apakah warga sekitar yang mempunyai kesepahaman harus membuktikan surat keterangannya saat pendaftaran
  Tidak. Surat bukti kesepahaman ada di sekolah, pendaftar cukup menunjukkan kartu keluarga dan KTP
9 Banyak sekolah yang berdiri, katanya ada  kebutuhan masyarakat sekitar , namun tidak mampu menunjukkan nota kesepahaman tersebut bagaimana
  Sekolah harus mampu menunjukkan jika ada nota kesepahaman dengan masyarakat sekitar
10 Apakah anak guru dan kerjasama industri termasuk dalam kategori tersebut
  Tidak. Namun kalau ada anak guru DIUTAMAKAN HANYA untuk anak guru di sekolah tersebut. Sedangkan untuk kerjasama industri tidak.
11 Apakah sekolah dapat menerima calon peserta didik baru dari penyandang disabilitas
  Sekolah dapat menerima calon peserta didik baru dengan ketentuan ( lihat 3.7  hal 27 ) sesuai kebutuhan belajar. Namun diperlukan edukasi bagi calon pendaftar, Contoh calon peserta didik baru mempunyai cacat tangan dan memilih KK otomotif yang membutuhkan ketrampilan tangan dan Fisik, maka disarankan untuk memilih KK lain yang tidak menghalangi cacat tubuhnya, seperti di akuntansi misalnya.
PRESTASI JALUR NON AKADEMIK
1 Apa yang dimaksud Prestasi pada jalur non akademik
  Lihat 2.1.2 hal 26

Apresiasi prestasi siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, seni, olahraga, dan prestasi lain yang diakui sekolah. Diutamakan pada prestasi yang diperoleh pada kejuaraan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan lembaga atau Organisasi yang memiliki induk organisasi tingkat Daerah Kabupaten-Kota, Daerah Provinsi dan Pusat

2 Boleh tidak prestasi yang diperoleh bukan dari instansi yang dimaksud, misal Pramuka.
  Boleh saja dengan syarat prestasi tersebut diakui dan ditetapkan oleh sekolah. Artinya sekolah menetapkan prestasi lain yang dikembangkan oleh sekolah tersebut melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya.
3 Bagaimana nanti proses seleksi dan pembobotannya
  Sama dengan seleksi yang lain dan sesuai dengan tingkat Kab/Kota, Propinsi, Nasional dan Internasional yang dibuktikan dari sertifikat hasil kejuaraan namun berbeda bobotnya  ( lihat hal 34 ttg pedoman skoring jalur prestasi)
4 Mengapa bobot skoring lebih kecil dibanding dengan prestasi yang diperoleh pada kejuaraan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan lembaga atau Organisasi yang memiliki induk organisasi tingkat Daerah Kabupaten-Kota, Daerah Provinsi dan Pusat
  Karena prestasi yang DIUTAMAKAN adalah prestasi yang diperoleh pada kejuaraan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan lembaga atau Organisasi yang memiliki induk organisasi tingkat Daerah Kabupaten-Kota, Daerah Provinsi dan Pusat
5 Bagaimana kalau kuota 10% dari jalur prestasi tidak terpenuhi
  Jika kuota 10% prestasi tidak terpenuhi , maka dapat di isi oleh jalur non akademik afirmasi, begitupula sebaliknya.  Namun jika kedua jalur non akademik tidak terpenuhi, maka diisikan ke jalur akademik.
6 Apakah ada kuota khusus untuk pendaftar luar Jawa Barat
  Kuota maksimal yang bisa dipenuhi oleh pendaftar luar jawa barat adalah 50% dari total kuota 10% jalur prestasi. Namun bebas untuk pendaftar dari propinsi Jawa Barat.
7 Apakah yang jalur prestasi oleh sekolah tetap dilakukan test praktek prestasi
  Tidak. Seleksi prestasi dilakukan oleh sistem dengan pemeringkatan hasil prestasi. Namun jika sekolah melakukan test praktek prestasi, itu tidak akan mempengaruhi seleksi pemeringkatan jika pendaftar sudah di input ke aplikasi.
KUOTA DAN DAYA TAMPUNG SEKOLAH
1 Bagaimana pembagian kuota dan daya tampung sekolah
  Kuota dan daya tampung sekolah ditentukan dan ditetapkan oleh sekolah ( lihat 3. 1 hal 26 ) dimana, 30% merupakan jalur non akademik yang meliputi 20 % afirmasi , 10% prestasi dan 70%  jalur akademik. Komposisi ini dapat berubah atas usulan dari sekolah yang di syahkan oleh kepala BP3.
2 Apakah penentuan daya tampung hanya menghitung calon peserta didik yang akan masuk saja
  Tidak. Penentuan kuota dan daya tampung harus juga mempertimbangkan siswa yang tidak naik kelas ( lihat hal 41 )
3 Bagaimana kalau nanti di jalur non akademik daya tampung belum terpenuhi
  Otomatis akan di sampaikan tambahannya di jalur akademik
4 Bagaimana kalau sampai batas waktu akhir pendaftaran jalur akademik belum terpenuhi, apakah masih boleh membuka pendaftaran
  Sekolah segera mengajukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, apakah diperkenankan atau tidak untuk tetap membuka pendaftaran hingga batas waktu tertentu.
5 Bagaimana kalau dalam 1 kelas jumlah siswa kurang dari 15 peserta didik atau lebih dari 36 peserta didik
  Secara bertahap menyesuaikan
6 Bagaimana kalau jumlah rombel sudah  lebih dari 72 rombel di sekolah
  Secara bertahap menyesuaikan
PERSYARATAN PENDAFTAR
1 Bagaimana kalau dalam pendaftaran ijazah dan SHUN belum ada
  Dapat menggunakan ijazah dan SHUN sementara yang dikeluarkan oleh sekolah saat jalur non akademik dan saat jalur akademik mudah2an seluruhnya sdh ada aslinya
2 Apakah semua SMK harus melakukan test minat bakat atau kesehatan
  Tidak. Sekolah melaksanakan test minat bakat dan kesehatan sesuai kebutuhan bidang keahlian/program keahlian/kompetensi keahlian di SMK yang dituju. Jika sekolah merasa tidak membutuhkan test minat bakat maupun test kesehatan, maka sekolah tidak perlu melakukan itu.
3 Apakah dalam test minat bakat , sekolah harus melakukan psikotest
  Tidak. Test minat bakat tidak sama dengan psikotest . dalam konteks ini sekolah harus pandai menggunakan waktu yang efektif dan efisien dalam menyiapkan test minat bakat , mengingat data harus segera di entry oleh operator sekolah. Test minat bakat bisa di dapatkan dari metode wawancara dengan  calon peserta didik sebelum memilih program keahlian/kompetensi keahlian.
PENDAFTAR AFIRMASI TIDAK MAMPU
1 Apa persyaratan kalau mau mendaftar afirmasi tidak mampu
  a.       Menyerahkan surat Keterangan tidak mampu. Dapat berupa ( KIP, PKH, KKS atau SKTM )

b.       Menyerahkan foto copy Ijazah yang dilegalisasi dan SHUN, paket B ASLI atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional, yang diterbitkan Sekolah/Madrasah, bagi calon peserta didik lulusan Tahun Pelajaran 2016/2017

c.       Bagi lulusan sebelum tahun 2016/2017  menyerahkan  foto copy Ijazah yang dilegalisasi dan Surat Hasil Ujian Nasional (SHUN)  SMP/MTs, paket B asli.

d.       Menyerahkan Foto copy akte kelahiran , jika tidak punya bisa berupa surat keterangan lahir atau sejenisnya

e.       Menyerahkan Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan KTP orang tua calon peserta didik serta KK asli.

f.        Menyerahkan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari sekolah asal yang menyatakan  tidak terlibat kenakalan remaja, penyalahgunaan Narkoba, tawuran, dan genk motor, sedangkan bagi lulusan sebelum tahun 2016/2017 menyerahkan  Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian.

g.       Menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung jawab Mutlak yang dibuat Orangtua/Wali (format disediakan sekolah/madrasah, Form: SPTJM-OTW)

h.       Menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung jawab Mutlak yang dibuat Orangtua/Wali (format disediakan sekolah/madrasah, Form: SPTJM-OTW)

2 Kapan persyaratan itu dibawa
  Persyaratan di bawa pada waktu pendaftaran di sekolah yang di tuju
3 Apakah saya bisa memilih di semua sekolah
  Tidak. Calon peserta didik baru harus memilih sekolah yang terdekat dengan tempat tinggal nya
4 Apakah dengan membawa persyaratan, saya otomatis dapat didaftarkan sebagai calon peserta didik baru  di sekolah tersebut
  Tidak. Untuk bisa mendaftar di sekolah tersebut, tetap harus memenuhi persyaratan yang diminta oleh sekolah yang dituju, misal tes kesehatan ( buta warna) atau test minat bakat , kecuali sekolah tidak mensyaratkan untuk minat bakat dan kesehatan.
5 Bagaimana kalau saya mendaftar di sekolah tersebut dan gagal di test minat bakat atau kesehatan
  Jika gagal, maka di anjurkan untuk memilih Kompetensi Keahlian yang tidak mempersyaratkan minat bakat dan kesehatan, Bisa masih di sekolah tersebut atau mencari sekolah lain
6 Bagaimana mekanisme seleksi untuk afirmasi tidak mampu
  Menggunakan data tidak mampu yang dipunyai calon peserta didik baru dan di beri skor ( lihat halaman 34 )
7 Jika saya hanya mempunyai SKTM , apakah juga diberi skor
  Tetap diberikan skor namun dengan nilai terendah
8 Bagaimana proses seleksinya jika batas akhir daya tampung  mempunyai nilai yang sama
  Dilakukan pemeringkatan berdasarkan nilai UN mata pelajaran, secara berurutan: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA baru kemudian jarak sekolah dengan tempat tinggal
9 Apakah boleh ikut kembali dijalur akademik jika gagal di jalur non akademik
  Calon peserta didik yang gagal di jalur non akdemik dapat ikut kembali di pendaftaran jalur akademik
PENDAFTAR NON AKADEMIK PRESTASI
1 Apa persyaratan kalau mau mendaftar di jalur prestasi
  a.       Menunjukkan sertifikat asli dan menyerahkan foto copy sertifikat penghargaan yang dilegalisasi oleh Pejabat/lembaga berwenang (format disediakan sekolah/ madrasah,  form: SPTJM-PJO).

b.       Menyerahkan foto copy Ijazah yang dilegalisasi dan SHUN, paket B ASLI atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional, yang diterbitkan Sekolah/Madrasah, bagi calon peserta didik lulusan Tahun Pelajaran 2016/2017

c.       Bagi lulusan sebelum tahun 2016/2017  menyerahkan  foto copy Ijazah yang dilegalisasi dan Surat Hasil Ujian Nasional (SHUN)  SMP/MTs, paket B asli.

d.       Menyerahkan Foto copy akte kelahiran , jika tidak punya bisa berupa surat keterangan lahir atau sejenisnya

e.       Menyerahkan Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan KTP orang tua calon peserta didik serta KK asli.

f.        Menyerahkan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari sekolah asal yang menyatakan  tidak terlibat kenakalan remaja, penyalahgunaan Narkoba, tawuran, dan genk motor, sedangkan bagi lulusan sebelum tahun 2016/2017 menyerahkan  Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian.

g.       Menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung jawab Mutlak yang dibuat Orangtua/Wali (format disediakan sekolah/madrasah, Form: SPTJM-OTW)

h.       Menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung jawab Mutlak yang dibuat Orangtua/Wali (format disediakan sekolah/madrasah, Form: SPTJM-OTW)

2 Kapan persyaratan itu dibawa
  Persyaratan di bawa pada waktu pendaftaran di sekolah yang di tuju
3 Apakah saya bisa memilih di semua sekolah
  Bisa. Calon peserta didik boleh memilih sekolah yang ingin di tuju
4 Apakah dengan membawa persyaratan, saya otomatis dapat didaftarkan sebagai calon peserta didik baru  di sekolah tersebut
  Tidak. Untuk bisa mendaftar di sekolah tersebut, tetap harus memenuhi persyaratan yang diminta oleh sekolah yang dituju, misal tes kesehatan ( buta warna) atau test minat bakat , kecuali sekolah tidak mensyaratkan untuk minat bakat dan kesehatan.
5 Bagaimana kalau saya mendaftar di sekolah tersebut dan gagal di test minat bakat atau kesehatan
  Jika gagal, maka di anjurkan untuk memilih Kompetensi Keahlian yang tidak mempersyaratkan minat bakat dan kesehatan, Bisa masih di sekolah tersebut atau mencari sekolah lain
6 Bagaimana mekanisme seleksi untuk jalur prestasi
  Menggunakan pemeringkatan berdasarkan prestasi yang diraih calon peserta didikbaru. Pedoman  skoring ( lihat halaman 34 )
7 Apakah dengan masuk jalur prestasi, calon peserta didik baru harus juga dilakukan seleksi
  Tidak perlu , karena sudah dilengkapi dengan bukti yang menunjukkan keaslian dari sertifikat/keterangan prestasi dan surat kewterangan mutlak pejabat yang mengeluarkan serta tidak ada kaitannya dengan skoring di seleksi. Namun panitia bisa saja melaksanakan seleksi, jika dirasa kurang yakin terhadap prestasi yang di raih calon peserta didik baru karena tidak mampu menunjukkan keaslian dari bukti yang diminta.
8 Apakah pendaftar menyampaikan semua sertifikat prestasi yang dimiliki oleh pendaftar
  Tidak. Yang disampaikan adalah prestasi yang berjenjang. Misal prestasi bidang olahraga Taekwondo, maka yang disampaikan adalah bukti prestasi perjenjangnya mulai tingkat kab/koya, propinsi, nasional, internasional dan dijumlahkan. Namun jika prestasi yang disampaikan berbeda-beda maka diambil salah satu yang tertinggi ( lihat pedoman skoring hal 35 )
PENDAFTAR JALUR AKADEMIK
1 Apa persyaratan untuk jalur akademik
  a.          Menyerahkan foto copy Ijazah yang dilegalisasi dan SHUN, paket B ASLI atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional, yang diterbitkan Sekolah/Madrasah, bagi calon peserta didik lulusan Tahun Pelajaran 2016/2017.

b.         Bagi lulusan sebelum tahun 2016/2017  menyerahkan  foto copy Ijazah yang dilegalisasi dan Surat Hasil Ujian Nasional (SHUN)  SMP/MTs, paket B asli.

c.          Menyerahkan Foto copy akte kelahiran

d.         Menyerahkan Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan KTP orang tua calon peserta didik serta KK asli.

e.          Menyerahkan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari sekolah/madrasah asal yang menyatakan  tidak terlibat kenakalan remaja, penyalahgunaan Narkoba, tawuran, dan genk motor, sedangkan bagi lulusan sebelum tahun 2016/2017 menyerahkan  Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian.

f.           Menyerahkan Surat Keterangan Tanggung jawab Mutlak yang dibuat Orangtua/Wali (format disediakan sekolah, Form: SPTJM-OTW).

2 Kapan persyaratan itu dibawa
  Persyaratan di bawa pada waktu pendaftaran di sekolah yang di tuju
3 Apakah saya bisa memilih di semua sekolah
  Bisa. Calon peserta didik boleh memilih sekolah yang ingin di tuju
4 Apakah dengan membawa persyaratan, saya otomatis dapat didaftarkan sebagai calon peserta didik baru  di sekolah tersebut
  Tidak. Untuk bisa mendaftar di sekolah tersebut, tetap harus memenuhi persyaratan yang diminta oleh sekolah yang dituju, misal tes kesehatan ( buta warna) atau test minat bakat , kecuali sekolah tidak mensyaratkan untuk minat bakat dan kesehatan.
5 Bagaimana kalau saya mendaftar di sekolah tersebut dan gagal di test minat bakat atau kesehatan
  Jika gagal, maka di anjurkan untuk memilih Kompetensi Keahlian yang tidak mempersyaratkan minat bakat dan kesehatan, Bisa masih di sekolah tersebut atau mencari sekolah lain
6 Berapa pilihan yang boleh saya ambil dalam pendaftaran
  Pilihan Kompetensi keahlian maksimal 2 pilihan ( lihat 3.4 hal 29 )

Dalam 1 sekolah dapat memilih 2 pilihan dengan Kompetensi Keahlian yang berbeda

Dalam 2 sekolah dapat memilih 2 pilihan dengan kompetensi keahlian yang sama

Dalam 2 sekolah dapat memilih 2 pilihan dengan kompetensi keahlian yang berbeda

7 Apakah pilihan harus dalam bidang keahlian yang sama
  Tidak. Pilihan bebas untuk semua bidang keahlian
8 Bagaimana proses seleksi nya
  Seleksi Calon Peserta Didik SMK dilakukan   melalui  pemeringkatan nilai peserta didik berdasarkan SHUN. Jika pada batas akhir daya tampung terdapat nilai akhir yang sama, maka: Dilakukan pemeringkatan berdasarkan nilai UN mata pelajaran, secara berurutan: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan bila masih sama didasarkan pada jarak terdekat calon peserta didik dengan sekolah yang dituju ( lihat 4.2 hal 30 )
9 Bagaimana pada saat yang bersamaan juga mendaftar ke SMA
  Pada saat yang bersamaan calon peserta didik baru tidak bisa mendaftar di SMK dan SMA. Kalau hal ini tetap dipaksakan, maka yang terinput di sistem yang terakhir tidak akan bisa keluar sebagai calon pendaftar, karena sudah terdata telebih dahulu di aplikasi sebelumnya.
LAIN – LAIN
1 Mengapa SMK tidak melakukan pendaftaran online
  a.       SMK ada edukasi bagi calon peserta didik baru dalam pemilihan Bidang/Program/Kompetensi Keahlian di sekolah

b.       Edukasi berguna untuk semua Kompetensi Keahlian di suatu sekolah terisi oleh calon peserta didik baru

c.       Beberapa SMK melakukan test minat bakat dan kesehatan sesuai persyaratan Kompetensi keahlian di sekolah tersebut

2 Apakah calon peserta didik baru dapat mengambil kembali berkas dan mendaftar ke sekolah lain setelah di daftarkan online oleh operator sekolah yang dituju
  Tidak boleh. Pendaftar tidak diperkenankan mencabut berkas setelah dilaksanakan entry data oleh operator sekolah. ( lihat 3.7 hal 29 )
3 Apakah pendaftaran bisa dilakukan kolektif oleh sekolah
  Disarankan pendaftaran secara individu karena ada edukasi bagi pendaftar terhadap pemilihan bidang keahlian/program studi keahlian/kompetensi keahlian di sekolah yang ditu termasuk ada persyaratan tambahan jika sekolah melakukan test minat bakat dan atau kesehatan
4 Kapan pengumuman hasil PPDB
  Diumumkan sesuai jadwal ( lihat no 9 hal 31 ) dan dapat dilihat di web ppdb.jabarprov.go.id serta di umumkan melalui media yang ada di sekolah
5 Siapa yang menetapkan hasil penerimaan peserta didik
  Kepala sekolah membuat surat keputusan penetapan peserta didk baru berdasarkan data yang telah diumumkan melalui sistem PPDB
6 Siswa yg sudah terdaftar di aplikasi SMK, apakah bisa daftar di aplikasi SMA atau sebaliknya
  Tidak ada yg daftar duplikasi SMA dan SMK karena sistem terintegrasi. Jika daftar di dua2nya, maka yg terinput kedua ( terakhir ) tidak akan masuk ( sistem akan menolak )  karena sudah terinput di awal
7 Bagaimana kalau ada titipan
  Normatif sesuai juknis dan Dinas Pendidikan Prop Jabar bekerjasama dengan tim Saber.

⁠⁠⁠⁠⁠Jangan Coba-coba Titip Anak! Disdik Jabar Gandeng Saber Pungli dalam PPDB – Tribun JabarAda di salah satu sekolah, 70 persennya itu titipan. Makanya alih kelola SMA dan SMK ke Pemprov Jabar ini, jadi momentum untuk menghilangkan

jabar.tribunnews.com

http://jabar.tribunnews.com/2017/05/30/jangan-coba-coba-titip-anak-disdik-jabar-gandeng-saber-pungli-dalam-ppdb

8 Bagaimana kalau pendaftar dari luar Jawa Barat, apakah harus ada ijin dari Disdik Prop Jabar
  Tidak Perlu. Cukup mendaftar seperti  pendaftar lainnya, namun perlu input data termasuk UN di operator
9 Jalur apa saja yang diperbolehkan untuk pendaftar luar propinsi Jawa Barat
  Jalur non akademik prestasi dan jalur akademik
10 Apakah ada perubahan di jadwal PPDB SMK Jabar
  TIDAK ada perubahan.

No

Kegiatan

Tanggal

Keterangan

Jalur Non Akademik
1 Pendaftaran 5 -10 Juni 2017  
2 Pengumuman 12 Juni 2017  
3 Daftar Ulang 15 – 17 Juni 2017  
Jalur Akademik
1 Pendaftaran 3 – 8 Juli 2017  
2 Pengumuman 10 Juli 2017  
3 Daftar Ulang 13 – 15 Juli 2017  
4 Awal Tahun Pelajaran 2017/2018 17 Juli 207  
5 Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) 17 – 18 Juli 2017  

 

Demikian terima kasih.

Related Posts

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.