Koordinasi PKL Berbasis Project Based Learning Kompetensi Keahlian RITEL

April 30, 2021

Permendikbud No. 50 Tahun 2020 menegaskan tentang pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan yang selanjutnya disebut PKL sebagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja untuk penerapan, pemantapan, dan peningkatan kompetensi. Pelaksanaan PKL melibatkan praktisi ahli yang berpengalaman di bidangnya untuk memperkuat pembelajaran dengan cara pembimbingan peserta didik saat praktek kerja lapangan.

Melalui kerjasama dengan UMKM Mitra Kadin Kota Bandung, SMK Negeri 3 Bandung mengembangkan pola pelaksanaan PKL yang pada periode pertama mengarah ke Project Work, dan untuk berikutnya khusus kompetensi keahlian Ritel mengusung PKL berbasis Project Based Learning dimana peserta didik selain menimba ilmu dan pengalaman secara langsung di DUDIKA, peserta didik juga berkesempatan dalam mengembangkan jiwa kewirausahaannya melalui kompetensi-kompetensi dasar yang terstandar di kurikulum K13 revisi tahun 2020.

Kegiatan ini memberikan peluang yang cukup besar dalam pengembangan kurikulum link & match dengan DUDIKA.

Pelaksanaan PKL dimulai tanggal 30 April s.d. 31 Juli 2021 pada periode pertama dan akan berlanjut 3 (tiga) bulan ke depan pada peroide ke-2 setelah melalui proses supervisi dan evaluasi di periode pertama.

Adapun UMKM Mitra Kadin yang sekaligus sebagai mitra dalam pelaksanaan PJBL SMKN 3 Bandung yaitu :

1. D’Brownz
2. Nuazz
3. Dapur Mamah Dini
4. Iking Kriuks
5. UKS Alami
6. Mr. Twins
7. Kareueus
8. Baso Rambo

Partisipasi aktif dari Pengurus Kadin Kota Bandung selalu mendukung dan mengapresiasi program yang dirintis oleh SMKN 3 Bandung dalam mewujudkan Program SMK Sahabat UMKM

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat