Audit Eksternal SMM ISO 9001:2015

Sesi foto bersama untuk menutup rangkaian audit eksternal
Share

Audit Eksternal SMM ISO 9001:2015

Sebagai salah satu pemegang sertifikat ISO dari PT TÜV Rheinland, Jerman, SMK Negeri 3 Bandung berkewajiban melaksanakan kegiatan Audit Eksternal untuk menentukan apakah SMK Negeri 3 Bandung berhak mendapatkan kembali sertifikat ISO tersebut.  Kegiatan Audit Eksternal yang dimaksud dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 28 Agustus 2018 mulai pukul 07.30 WIB di ruang pertemuan lt. 2 SMK Negeri 3 Bandung.

Wakil Manajemen Mutu memberikan sambutan pada saat Opening Meeting

Wakil Manajemen Mutu memberikan sambutan pada saat Opening Meeting

Kegiatan Audit Eksternal dibuka dengan Opening Meeting dengan diawali sambutan dari Wakil Manajemen Mutu, yaitu Bapak Arief Susanto, S.Pd.  Pada sambutannya beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Manajemen dan seluruh civitas SMK Negeri 3 Bandung atas kerjasamanya.  Selain itu Bapak Arief Susanto menyampaikan bahwa proses migrasi ISO ke versi 9001:2015 belum sempurna, tetapi pihak sekolah mengharapkan hasil yang terbaik.  ISO jangan sampai dipandang sebagai sesuatu yang memberatkan, tetapi justru sebagai pedoman dalam menjalankan organisasi agar berjalan dengan teratur.

Pada Opening Meeting ini pun, Wakil Kepala Sekolah, Bapak Deni Hamdani S.Pd, yang dalam hal ini mewakili Kepala SMK Negeri 3 Bandung menyampaikan bahwa saat ini terjadi regenerasi di setiap unit kerja.  Yang paling utama adalah SMK Negeri 3 Bandung beritikad untuk tetap melanjutkan Sistem manajemen Mutu ISO.

Pada kesempatan ini pula Bapak Erfi Ilyas, selaku Auditor, menyampaikan bahwa Auditor itu merupakan mitra.  Tujuan Audit adalah untuk mengecek penerapan ISO di  di SMK Negeri 3 Bandung dan mengevaluasi kesesuaian dengan ISO versi terbaru.  Auditor juga menekankan bahwa yang diaudit itu adalah organisasi bukan personal.

Auditor sedang melakukan audit di unit kerja Hubin/Humas

Auditor sedang melakukan audit di unit kerja Hubin/Humas

Setelah Opening Meeting selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Audit Eksternal di semua unit kerja yang ada di SMK Negeri 3 Bandung hingga pukul 15.00 WIB.  Dan rangkaian kegiatan Audit Eksternal ini  ditutup dengan Closing Meeting  pada pukul 16.00 WIB.  Pada Closing Meeting disampaikan hasil Audit Eksternal dan dengan hasil tersebut SMK Negeri 3 Bandung dinyatakan layak mendapatkan sertifikat ISO kembali. Hal ini tentunya membawa kebahagiaan dan rasa bangga bagi seluruh warga SMK Negeri 3 Bandung.  Sesi foto bersama pun menjadi penutup rangkaian kegiatan Audit Eksternal  SMM ISO 9001:2015.

 

Related Posts

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *